Bupati Humbahas Hadiri Rakor Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri Bidang Kesehatan di Bali

Daerah Humbang Hasundutan

 

 

Tobaforindo.com || Humbahas.

Bali.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Plt Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB dr Gunawan P Sinaga dan Direktur RSUD Doloksanggul dr Heppy Suranta Depari hadiri Rakor (Rapat Koordinasi) optimalisasi penggunaan PDN (produk dalam negeri) bidang kesehatan di Prime Plaza Hotel Sanur Jalan Hang Tuah Denpasar Bali, Jumat (1/9). Hadir juga dari Sumatera Utara dalam Rakor itu, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Samosir Vandiko T Gultom dan lainnya.

Rakor dilaksanakan dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangsa buatan Indonesia pada pengadaan barang dan jasa pemerintah termasuk mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan PDN dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi.

Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr Horas Maurits Panjaitan menjelaskan rakor ini mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Gerakan nasional bangsa buatan Indonesia merupakan Instruksi Presiden untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mencintai produk-produk buatan dalam negeri. Tujuannya agar benar-benar dapat meningkat dan mampu bersaing di pasar dunia.

Dalam rakor itu hadir sebagai nara sumber yaitu Imam Subagyo – Ketua Umum ASPAKI (Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia), Dr. Kastorius Sinaga – Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Media dan Setya Budi Arijanta, SH,KN-Direktur Hukum dan Penyelesaian Sanggah.

Perlu diketahui bersama, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul yang berada di Kabupaten Humbahas sudah pernah mendapat piagam penghargaan sebagai peringkat pertama penggunaan atau belanja tertinggi alkes (alat-alat kesehatan) PDN (produk dalam negeri) se-Sumatera Utara.

Penghargaan itu Direktur RSUD Doloksanggul dr Heppy Suranta Depari, Kamis (23/2/2023) lalu dari Direktorat Ketahanan Kefarmasian dan Alkes Kementrian Kesehatan RI dalam acara Bisnis Matching dalam rangka Percepatan Belanja Alkes PDN dan Pameran Alat Kesehatan Produksi Indonesia di Medan

READ  Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar Keuangan Ranperda Tentang P. APBD T.A. 2023 dan Pajak Daerah & Retribusi Daerah

Heppy Depari mengatakan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terus berbenah dalam melaksanakan Instruksi Presiden Joko Widodo dalam belanja Produk Dalam Negeri. Sebagai wujud komitmen dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden RI. Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE terus konsisten dan selalu menghimbau agar setiap satuan kerja di Humbang Hasundutan agar membelanjakan PDN. Instruksi Presiden itu sudah dibuktikan di Kabupaten Humbahas, dimana RSUD Doloksanggul memperoleh peringkat pertama belanja Alkes PDN tertinggi Se-Provinsi Sumatera Utara.

(M Simamora)