Pelatihan Pembuatan Sistem Keamanan Kunci Loker Bagi Santri Berbasis IoT

Deliserdang

Tobaforindo.com – Deliserdang | Kegiatan Pengabdian Masyarakat:
Pelatihan Pembuatan Sistem Keamanan Kunci Loker Bagi Santri Berbasis IoT Dengan Menggunakan Aplikasi Telegram di Ma’had Tahfidz Yatim Dhuafa Kitabina Jl. Namorambe-Sembahe, Desa Sayum Sabah, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Prov.Sumatera Utara.

Lokasi Kegiatan:
Ma’had Tahfidz Yatim Dhuafa Kitabina
Jl. Namorambe-Sembahe, Desa Sayum Sabah, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Prov.Sumatera Utara

Tanggal Pelaksanaan Kegiatan:
28 Oktober 2023

Tim Pelaksana Kegiatan:
Ir. Arman Sani, MT NIDN. 0028116304
Ir. M. Zulfin, MT NIDN. 0021016404
Ir. Hendra Zulkarnain, MT NIDN. 0014056104
Dr. Maksum Pinem, ST, MT NIDN. 0004106802
Dr. Ali Hanafiah Rambe, ST, MT NIDN. 0026087801

Peserta Pelatihan:
Pelatihan diikuti peserta sebanyak 21 orang, terdiri dari Pengurus pondok (pimpinan Ma’had, Bapak Ferhad Akbar, S.Mn., M.A.P dan beberapa pengurus pondok), santri dan santriwati.
Permasalahan yang ditemukan dan solusi yang ditawarkan :
Kekhawatiran kehilangan barang pribadi santri yang berharga selama mondok (tinggal) untuk menuntut ilmu di ma’had merupakan salah satu masalah di dalam lingkungan pondok pesantren, sehingga menjadi salah satu tantangan bagi santri dan pengelola pondok dalam menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman. Kehadiran teknologi berbasis Internet of Things (IoT) memungkinkan untuk mengatasi masalah tersebut dalam bentuk pembuatan sistem keamanan kunci loker menggunakan aplikasi Telegram, sehingga keadaan loker diharapkan dapat lebih aman dan terpantau dari tindakan orang yang tidak bertanggung jawab (pembobol dan pencuri).
Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran :
Pengabdian ini menyebar-luaskan ilmu dan teknologi tepat guna berbasis Internet of Things (IoT), khususnya untuk sistem keamanan kunci loker yang memungkinkan para santri membuat sendiri sesuai kebutuhannya, sehingga mengurangi rasa khawatir kehilangan barang pribadi yang berharga selama tinggal dan menuntut ilmu di ma’had, sekaligus menambah bekal ilmu dan keterampilan yang berguna bagi santri.

READ  Edward Ks Tarigan Caleg DPRD Kabupaten Deli Serdang Partai Demokrat Dapil 2 Nomor 4 Dengarkan Aspirasi Warga

Ringkasan Kegiatan:
Kehadiran teknologi berbasis Internet of Things (IoT) memberikan dampak positif yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari, terutama untuk hal-hal yang membutuhkan pemantauan kapan saja dan dimana saja. Loker sebagai tempat menyimpan barang pribadi santri di setiap pondok pesantren merupakan salah satu hal yang harus dipantau keadaannya oleh santrinya sendiri atau pengelola pondok dari tindakan pembobolan dan pencurian oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Keadaan ini dapat mengganggu konsentrasi dan kenyaman belajar para santri yang mondok (tinggal di pondok pesantren untuk menuntut ilmu) di ma’had (pondok pesantren) tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat meningkatkan keamanan loker-loker tersebut serta dapat dipantau kapan saja dan dimana saja. Pada program pengabdian masyarakat ini akan dilakukan pelatihan pembuatan sistem keamanan loker bagi santri yang sedang menuntut ilmu di Ma’had Tahfidz Yatim Dhuafa Kitabina Desa Sayum Sabah Deli Serdang berbasis IoT dengan menggunakan aplikasi Telegram. Dari program ini diharapkan para santri dapat membuat sendiri sistem keamanan kunci lokernya masing-masing sesuai kebutuhan, sehingga mengurangi rasa khawatir kehilangan barang pribadi yang berharga selama tinggal dan menuntut ilmu di ma’had serta terciptanya suasana belajar yang lebih aman dan nyaman, sekaligus menambah bekal ilmu dan keterampilan yang berguna bagi santri.

 

(Tim)