MERASA DIRUGIKAN, PIHAK KTH LAKUKAN AKSI DEMO MENUNTUT KETEGASAN KE DINAS KEHUTANAN UNTUK MENERTIBKAN PEMAIN ILEGAL

Humbang Hasundutan Nasional Samosir

TOBAFORINDO.com || Humbang Hasundutan, Pihak KTH (Kelompok Tani Hutan) menuntut pengusaha yang ilegal untuk di tertibkan oleh UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul. Di kantor UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul Dinas Kehutanan Prov. Sumatera Utara, Jl. Siliwangi KM 1 Doloksanggul. Jumat, 18 November 2022, (Siang).

Adapun tuntutan yang disampaikan, tolak pengusiran yang semena-mena dilakukan aparat UPT. KPH XIII Doloksanggul terhadap petani/penderes getah pinus karna selama ini sudah mengikuti arahan dari UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul agar mengikuti tentang peraturan perhutanan sosial dengan membentuk kelompok tani hutan.

Secara khusus kepada KTH  di Desa Hariara Pintu, Kec. Harian, Kab. Samosir yang telah mendapatkan kerjasama kemitraan dari UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul, ikut juga diusir oleh Aparat KPH, pihak pendemo menolak keras perbuatan tersebut.

Selama ini KTH di Desa Parsingguran, Kec. Pollung, Kab. Humbang Hasundutan serta KTH dari Desa Sitatar, Kec Palipi, Kab. Samosir selalu meminta pendampingan dan perlindungan kepada UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul untuk menertibkan penderes ilegal di wilayah kerja mereka.

Penderes ilegal tidak mengikuti peraturan perhutanan sosial dan tidak mau bergabung dengan KTH dan membayar pajak getah pinus, namun sampai saat ini pihak UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul tidak menanggapinya justru pengusiran terhadap KTH yang sudah lama berjalan dan bermitra dengan KPH.

Pihak KTH berharap agar aparat dari UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul untuk bertindak secara profesional dan jangan mengadu domba masyarakat.

Pendemo juga menyampaikan aspirasinya untuk Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dan Dinas Kehutanan Propinsi Sumut untuk turun langsung membantu dan juga memberi perhatian terhadap apa yang mereka alami saat ini.

Berharap program kehutanan sosial yang dijalankan oleh Jokowi (Presiden RI) yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dirusak oleh oknum-oknum pemerintah yang nakal.

READ  Polres Humbahas Ajak Anak Korban Kasus Pembunuhan Bermain Bersama Serta Berikan Sepeda dan Mainan

Aksi demo berjalan dengan tertib dan aman seperti dikutip dalam video kanal berikut :
https://youtu.be/WR9jpQaq_u8

(Red)

3 thoughts on “MERASA DIRUGIKAN, PIHAK KTH LAKUKAN AKSI DEMO MENUNTUT KETEGASAN KE DINAS KEHUTANAN UNTUK MENERTIBKAN PEMAIN ILEGAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *