Beredar Isu Petugas sudah Disogok, Puluhan Unit Bangunan Liar Berdiri tanpa Penindakan Di Percut Sei Tuan

Deliserdang

TOBAFORINDO.com | Deli Serdang, Sedikitnya 30 unit Bangunan Rumah tempat Tinggal (RTT) dan Rumah Tempat Usaha/Ruko (RTU) berdiri tanpa Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) dibangun tanpa hambatan hingga tuntas di Jl. Sempurna Gg. Mawar 15 A dan Mawar 8 Desa Sambirejo Kecamatan Percut Sei Tuan DeliSerdang diduga milik warga keturunan inisial Asiong warga pasar 7 Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.

Menurut informasi dilapangan, tak terhambatnya pembangunan puluhan rumah tersebut diduga adanya dana pengamanan yang diberikan kepada oknum petugas Trantipbum kecamatan Percut Sei Tuan, belum diketahui secara pasti oknum tersebut namun dugaan pemberian dana pengamanan berjumlah fastastis mulai dari 20 juta untuk keseluruhan bangunan sampai 10 juta dana pengurusan persatu unit bangunan.

” Itu sebabnya pembangunan rumah di Gg. Mawar 15 A dihentikan sementara untuk pembangunan tambahan rumah yang akan dibangun, sementara sudah lebih 20an unit rumah terbangun tanpa kendala sebelumnya, dan si pemilik juga sedang membangun rumah juga di Gg. mawar 8 yang sudah berdiri 3 unit bangunan dalam proses pengerjaan” ungkap warga yang tak ingin disebut namanya.

Kasi Trantipbum Kecamatan Percut Sei Tuan, Harun membantah pihaknya ada menerima sejumlah uang pengamanan, justru katanya pihaknya sudah tiga kali memberi peringatan penghentian pembangunan dan melakukan teguran langsung kelapangan.

” Kami sudah meninjau kelapangan dan yang kami tau itu bukan perumahan (properti-red), pemilik tanah menjual tanahnya dengan kaplingan” ujar Harun, Jumat (20/1/23) di ruangannya.

Harun mengaku sudah menyurati pihak pengelola bangunan namun belum menyurati Badan Kesatuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Deli Serdang.

” Dan kami tidak punya hak melakukan sanksi penertiban, itu urusan Sat Pol PP” imbuhnya.

Sementara itu, Puluhan bangunan rumah tanpa ijin bangun tersebut masih berjalan tanpa hambatan, Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang (Ciptaru) Deli Serdang melalui Sekretaris mengatakan bahwa belum ada pengajuan ijin bangun atas lahan yang terletak di Jl. Sempurna desa sambirejo khususnya di Gg. Mawar 15 maupun di Mawar 8.

Terpisah ,saat dikonfirmasi Kasatpol PP Deliserdang Rabu (25.01.2023) Marzuki melalui WhatsApp selulernya mengatakan sedang memangil pihak terkait kekantor satpolPP untuk melakukan pemeriksaan izin yang dimiliki .

” Kita akan memanggil pihak terkait untuk pemeriksaan ijin yg di miliki ” , jawab Marzuki melalui pesan WhatsAppnya.
(Tim)