“Tangani Stunting” PLT Wali Kota Pematangsiantar Ibu dr. Susanti Dewayani, Sp.A, Himbau Kaum Hawa Agar Jangan Sering Hamil.

Pematang Siantar

“Tangani Stunting” PLT Wali Kota Pematangsiantar Ibu dr. Susanti Dewayani, Sp.A, Himbau Kaum Hawa Agar Jangan Sering Hamil.

Tobaforindo || Pematangsiantar, Plt.Wali Kota Pematangsiantar Ibu dr.Susanti Dewayani, Sp.A

Selaku Ketua Tim Pendamping Keluarga (TPK) Se Kota
Pematangsiantar , pimpin Apel Siaga Tim Pendamping
Keluarga Bergerak.

Kegiatan itu dilaksanakan tepatnya di halaman Balai Kota Pematang Siantar pada Kamis (11/Mei) pukul 07.00 wib

Dalam kata sambutannya PLT Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, menjelaskan tujuan dilakukan
nya kegiatan ini, dalam rangka upaya percepatan penurunan angka stunting dan menjalan
kan Program KB yang handal, khususnya di Kota Pematang
siantar ini.

“Saya berharap kita semua dapat bergerak melalui apel siaga hari ini, yang dilaksana
kan secara nasional, khusus
nya di Kota Pematangsiantar. Tim pendamping keluarga yang terdiri dari Kader KB, Ibu-Ibu PKK dan para Bidan dapat secara maksimal melakukan berbagai upaya yaitu dengan cara memberikan penyuluhan/
pelayanan kepada calon pengantin (catin), ibu hamil dan ibu pasca persalinan,
sehingga kedepan, tidak ada lagi anak-anak yang Stunting” ujarnya

 

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Hal ini dapat dicegah pada seribu hari pertama kelahiran. Berikan ASI, Gizi yang Seimbang, serta Imunisasi nya lengkap. Tegas Susanti

Kemudian lanjutnya, Jangan ada kehamilan yang tidak terencana ataupun jangka waktu hamilnya terlalu muda begitu juga sebaliknya, jangan hamil terlalu tua serta jangan terlalu sering hamil.

Tim pendamping keluarga bergerak, dimulai dari kunjungan ke pasangan calon pengantin, kunjungan ke PUS (Pasangan Usia Subur) yang memerlukan kontrasepsi, mengoptimalkan pencegahan kehamilan di masa covid-19 dan kunjungan secara berkala kepada ibu-ibu hamil dan pasca persalinan.

READ  Plt.Wali Kota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A Adakan Acara Silaturahmi Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Saya berharap kepada semua yang hadir disini, khususnya jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pematang
siantar, mulai dari Pejabat Struktural, Kepala UPTD dan PLKB/PKB serta seluruh tim pendamping keluarga dapat terus eksis dan semangat dalam peningkatan berbagai Program Pemerintah, terkhusus saat ini dalam upaya penurunan angka Stunting mulai tahun ini 2022 sampai Tahun 2024 yang akan datang.

Dan marilah kita, seluruh masyarakat Kota Pematang
siantar ini, untuk berperan aktif agar dapat terus bersinergi mendukung suksesnya Program KB yang berkesinam
bungan khususnya di Kota Pematangsiantar ini. Sebab keluarga adalah tempat pertama yang harus dibenahi, menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan. Suami, Istri, dan Anak harus senantiasa dapat hidup rukun serta mampu berusaha menciptakan keluarga yang harmonis.

Kemudian Anak harus mendapat perlindungan dan pendidikan yang layak.Dan jauh dari Kekerasan dalam rumah tangga. Prioritas yang utama bagi anak adalah kesehatan maka untuk itu anak haruslah diberikan Gizi yang cukup.

Agar terciptanya keluarga kecil dan sejahtera, sejak dini, kita. harus tentukan jumlah anak kita dengan menyesuaikannya dari segi faktor ekonomi kita.

Meskipun pandemi covid-19 perlahan mulai mereda, yang mana pada akhir bulan Pebruari 2022 lalu,kita berada di Level IV, dan kita bersyukur untuk saat ini sudah turun pada level I, namun untuk itu semua, dalam menjalankan aktifitas kita sehari-hari, saya menghimbau,kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat kota Pematang
siantar ini, untuk tetap selalu taat prokes terutamanya dengan memakai masker.

Juga tak henti-hentinya saya mengajak seluruh pihak, untuk bergotong royong dan bahu membahu dalam mendukung program pembangunan di Kota Pematangsiantar ini, terkhusus saat ini dalam bidang Pelayanan KB, untuk menurunkan angka stunting, marilah kita berlomba lomba memberikan yang terbaik demi terwujudnya Masyarakat di Kota Pematangsiantar ini ‘Sehat, Sejahtera Dan Berkualitas'” Tutupnya.

READ  Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando SH SIK Adakan Acara Silaturahmi Dengan Pers

Kemudian acara berlanjut, kekata Sambutan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, oleh bapak Muhammad Irzal :

“Saya lihat disini hadir 167 Tim Pendamping Keluarga Se-Kota Pematangsiantar yang akan bersama-sama dengan Tim Percepatan Stunting tingkat Kota Pematangsiantar dalam rangka untuk menurunkan angka Stunting di Kota Pematangsiantar, Angka Stunting di Kota Pematang
siantar dibawah rata-rata nasional, untuk itu kami mengapresiasi Kota Pematangsiantar.Tandasnya

Hadir pada acara tersebut yakni mewakili Kapolres Pematangsiantar Kompol Hendrik Situmorang.mewakili Dandim 0207/Simalungun Kapten Carles Tarigan.
mewakili Kajari Kota Pematangsiantar Hendra Pardede.

Ketua Koalisi Kependudukan Kota Pematangsiantar Leo Simanjuntak, SH, M.Hum.
Sekda Kota Pematangsiantar, Budi Utari, AP. dan para Pimpinan OPD terkait, Camat dan Lurah Se-Kota Pematang
siantar dan Para Tim Pendamping Keluarga Se- Kota Pematangsiantar.(Deni S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *