Lapas Narkotika Kelas Kelas IIA Pematang Siantar Giat Skrining ACF TBC Bagi WBP Besama Kementerian Kesehatan RI Dan Tirta Medical Center

Simalungun

TOBAFORINDO.com | Simalungun, Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar melaksnakan kegiatan Skrining ACF TBC Tahun 2023 bagi WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Puskesmas Raya dan Tirta Medical Center (TMC).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi, rentan terhadap penularan,  penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas Rutan.

Kegiatan ini yang dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari tanggal 12 September 2023 sampai 18 September 2023 dengan target  875 orang.Kegiatan hari pertama telah diikuti oleh  WBP sejumlah 150 orang WBP.

Skrining gejala dilakukan oleh petugas kesehatan Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar dan skrining CXR dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), dan pemeriksaan sputum TCM dilakukan oleh Dinas kesehatan Simalungun dan Puskesmas Raya. (js)