Enam Orang Pelaku Ketangkap. Narkoba Sabu Seberat 53,46 Gram Gagal Edar Di Kota Siantar.

Pematang Siantar

TOBAFORINDO.com | Pematang Siantar, Dalam tempo 24 jam, Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali berhasil meringkus enam orang pelaku pengedar narkoba jenis sabu sabu.

Sesuai release tertulis, dari Kasi Humas Polres Pematang Siantar AKP Rusdy Ahya SH,
yang di siarkannya kepada para wartawan, diketahui peristiwa penangkapan itu terjadi tepatnya pada hari Selasa (06/Des) lalu.

Selanjutnya jelas Rusdy, adapun sebagai barang bukti yang berhasil diamankan dari para pelaku di duga narkoba jenis sabu sabu sebanyak Brutto 53,46 gram.

Selain narkoba sabu, juga berhasil di amankan alat bukti lainnya dari pelaku berupa Empat unit handphone, Tiga Unit Sepeda Motor dan uang sebanyak Rp 650 000,.(Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Kemudian Rusdy menjelaskan inisial dan identitas para pelaku,yakni, pertama ditangkap dari sebuah rumah di jalan Sisinga Mangaraja Kelurahan Bane Kecamtan Siantar Utara .A.P.S.(lk) 28 tahun Warga Jalan.Si Batu-batu Gang Batu Kapur Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematang Siantar.

Kedua; berinisial A.S.(Lk) 49 Tahun.Warga Jalan Tanjung Pinggir Kelurahan Tanjung
Pinggir.Kecamatan.Siantar Martoba.Kodya Pematang Siantar. Dan ketiga selaku pemilik rumah berinisial R.H.S.(lk) 34 Tahun.Warga Jalan Sisinga mangaraja Kelurahan Bane Kecamatan. Siantar Utara Kodya Pematang Siantar.

Keempat sesuai hasil pengembangan dari ketiga terduga tersangka diatas petugas meringkus inisial I.S.S.

Pelaku ini ditangkap tepatnya saat ia turun dari sepeda motornya, tepatnya dari depan sebuah rumah yang berada di Jalan D.I. Panjaitan Kelurahan.Naga Huta Timur Kecamatan Siantar Marimbun Kodya Pematang Siantar.

Dan diketahui inisial ISS ini warga Jalan Gaharu Kelurahan Harjosari Nomor 106 Kodya Medan.u

Masih menurut Kasi Humas Rusdi Ahya SH, tepatnya di hari yang sama Selasa ( 06/Des) salah seorang dari anggota team sat res narkoba kembali mendapat informasi, dari seorang warga masyarakat yang layak dipercaya

READ  Kepala Seksi PB3R di Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Berganti.

 

Yang mana sesuai info yang di terima, katanya ada seorang lelaki, yang akan membawa narkotika jenis sabu-sabu tepatnya di Jalan Flores II Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat.Kodya Pematang Siantar.

Selanjutnya personil Sat Narkoba langsung menindak lanjuti laporan tersebut,dengan langsung berangkat menuju alamat sesuai yang di Infokan
untuk melakukan penyelidikan.

Bekisar pukul 12.00 wib.Siang, personil tiba di alamat yang di info-kan dengan selanjutnya di lokasi terlihat seorang laki-laki yang dicurigai sesuai ciri cirinya dari si pelapor, sedang berjalan di samping rumah.

Dengan sigap lelaki dicurigai itu langsung di ringkus. Kemudian di interogasi awal di
ketahui lelaki di curigai itu berinisial J alias U.T.(lk) berusia 51 tahun warga Jalan Singosari Gang.Sumber Sari Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat Kodya Pematang
Siantar.

Dilakukan penggeledahan badan, tepatnya dari baju tersangka tersebut terjatuh satu paket narkotika jenis sabu sabu. yang terbungkus di dalam sebuah plastik klip putih transparan.

Dan berhasil di amankan dari pelaku tersebut satu unit hand
phone merk Samsung dan satu buah dompet berisi uang sebanyak Rp 300.000,-(tiga ratus ribu rupiah).

Di interogasi terduga pelaku tersebut mengakui pemilik dari seluruh barang bukti yang di temukan, dan pelaku mengakui masih ada menyimpan narkotika jenis sabu-sabu di sebuah rumah yang tak jauh jaraknya dari lokasi penangkapan pelaku.

Dengan selanjutnya pelaku di boyong ke rumah tempat ia menyimpan narkoba sabu sabu tersebut.Setiba di rumah itu, pelaku nenunjuk-kan tempat penyimpanan narkoba sabu sabu itu.

Tepatnya dari ventilasi pintu kamar di temukan satu buah kotak rokok Sampoerna yang di dalamnya berisi satu buah plastic klip berisi 7 (tujuh) paket narkotika diduga jenis sabu. Dan satu buah kotak rokok Gudang Garam yang di dalamnya ada 2 (dua) paket narkotika diduga jenis sabu-sabu

READ  Kepala Seksi PB3R di Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Berganti.

Adapun total berat narkoba jenis sabu sabu yang di temukan seluruhnya bekisar sebanyak brutto 6,83 gram.

Kembali di interogasi pelaku mengakui kepemilikan dari seluruh barang bukti yang di temukan, ianya juga mengakui bahwa markoba tersebut dia peroleh dari seorang ber-inisial B. Dilakukan pengembangan terhadap inisial B, namun tidak dapat / berhasill di temukan.

Selanjutnya tersangka dan seluruh barang bukti yang di temukan di bawa ke kantor Sat Narkoba Polres Pematang Siantar untuk dilakukan terhadapnya proses penyelidikaan dan penyidikan hukum selanjutnya”.Kata Humas Rusdy kembali, kepada kami Wartawan.

Lanjut Rusdi, juga pada hari yang sama Selasa (06/Des) bekisar pukul 19.00 Wib, personil sat narkoba Polres Pematangsiantar kembali mendapat informasi, dari seseorang yang di percaya.

Sesuai laporannya, katanya ada seorang laki-laki yang akan menjual narkoba di Jl. Parapat Kel. Simarimbun Kec. Siantar Marimbun Pematang Siantar.

Kemudian personil sat narkoba berangkat menuju alamat yang di informasikan untuk melakukan penyelidikan.

Dan setibanya dilokasi tersebut, personil sat narkoba melihat seorang laki-laki yang sesuai dengan informasi sedang berjalan dipinggir jalan. Kemudian personil sat narkoba menangkap laki-laki tersebut.

Saat diinterogasi diketahui lelaki dicurigai itu bernama RIKI WIBOWO alias BEGOL, 28 Thn, Lk, warga Jl. Suka Bumi Dusun III Kel. Sidomulyo Kec. Binjai Kab. Langkat.

Pada saat ditangkap terlihat laki-laki tersebut melemparkan handphone dari tangan kanannya dan menjatuhkan gulungan plastik hitam dari tangan kirinya.

Kemudian personil sat narkoba melihat barang yang dibuang oleh RIKI WIBOWO alias BEGOL diketahui 1 (satu) unit Hp merk VIVO dan 1 (satu) buah gulungan plastik hitam yang didalamnya ada 1 (satu) paket narkotika jenis shabu berat brutto 44,31 gram.

READ  Kepala Seksi PB3R di Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Berganti.

“Selanjutnya seluruh barang bukti dikumpulkan dan bersama tersangka dibawa ke kantor Sat Narkoba Polres Pematangsiantar untuk di lakukan proses penyelidikan dan penyidikan hukum selanjutnya”.Tutup AKP Rusdy Ahya SH diakhir keterangan
nya jeoada kami para wartawan.

Mengenai peristiwa penangkapan tersebut di konfirmasi kepada Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SH SIK MH.

Melalui Kasat Narkoba AKP Rudi Panjaitan SH, beliau membenarkan peristiwa penangkapan itu.Jelasnya.

“Ia benar dalam tempo 24 jam satres narkoba berhasil menangkap enam (6) orang pelaku pengedar narkoba.dari lokasi yang berbeda beda. dan netekaa juga berhasil mengamankan sebagai barang bukti di duga narkoba jenis sabu sabu sebanyak brutto 53,46 gram” Jelasnya.

Lanjutnya lagi, Kini para tersangka tersebut dan seluruh barang bukti yang ditemukan, telah berada di ruangan satres narkoba Polres Pematang Siantar.

Dan untuk sementara para pelaku, masih di tahan di sel yang berada di kantor sat-res narkoba Polres Pematang Siantar.Katanya.

“Untuk memper-tanggung jawab-kan dari segala apa yang mereka lakukan, masing- masing tersangka terancam di kenakan sanksi sesuai yang tertera di dalam UU Nomir 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sesuai Pasal 112 jo Pasal
114” Tutupnya.

(DENI.Alias Chaca.S)