Bupati Humbahas Buka Gerakan Pangan Murah Tobaforindo

Humbang Hasundutan

Tobaforindo.com – Humbahas | Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Sekda Chiristison R. Marbun, M.Pd buka Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Humbahas dipusatkan di Balerong Terminal Doloksanggul, Senin (25/3). Gerakan Pangan Murah ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu 25 s/d 26 Maret 2024.

Bupati Humbahas mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bulog serta seluruh pihak terkait atas inisiasi dan kontribusinya dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah. Dijelaskan, bahwa pangan merupakan kebutuhan yang sangat krusial dan mendasar bagi kehidupan manusia. Sehingga pemenuhannya menjadi hak azasi untuk kelangsungan hidup setiap individu dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Dalam menjaga ketahanan pangan, pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat.

Pada saat terjadinya inflasi, terjadi kenaikan harga-harga pangan pokok strategis yang mempengaruhi daya beli masyarakat. Maka untuk mengatasi dan mengurangi dampak inflasi dan sebagai bagian dari upaya stabilitasi pasokan dan harga pangan, perlu dilaksanakan gerakan pangan murah.

Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Humbang Hasundutan difasilitasi oleh Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Humbang Hasundutan bekerjasama dengan BULOG, Pelaku Usaha, Gapoktan dan UMKM.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bulog Cabang Pematang Siantar yang diwakili Asisten Manager Supply Chain dan Pelayanan Publik, Pensus Siburian dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024, Bulog sudah mendapat perintah untuk menjaga ketersediaan pangan oleh karena itu masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir.

Tidak hanya di Kabupaten Humbang Hasundutan tetapi semua kabupaten yang ada diwilayah kerja bulog, sudah melaksanakan kegiatan pasar murah. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat mendapatkan pangan dengan harga yang terjangkau.

READ  Yuk Ajak Teman, Keluarga dan Saudara Untuk Berkunjung Ke Indonesian Fashion Week (IFW) 2024

Sementara Kadis Pertanian, Ir. Junter Marbun yang diwakili Kabid Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Emmy Lisda Situmorang dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah ini adalah menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok/ strategis menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024. Kemudian meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat.

Adapun komoditas Gerakan Pangan Murah antara lain beras, gula, minyak goreng, telur ayam, cabe merah, bawang merah dan komoditas pangan lainnya.

Masyarakat setempat yang ikut dalam acara mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Humbahas yang mengadakan Gerakan Pangan Murah. Dengan diadakannya gerakan pangan murah ini masyarakat sangat terbantu.

(**)