Berharap Gubsu Cepat Tanggap Dan Sikapi Kondisi Jalan Penghubung Pakkat -Onan Ganjang Yang Nyaris Putus

Humbang Hasundutan

Berharap Gubsu Cepat Tanggap Dan Sikapi Kondisi Jalan Penghubung Pakkat -Onan Ganjang yang Nyaris Putus


Tobaforindo || Humbang Hasundutan, Setelah beredar video viral di dunia maya detik-detik sebuah truk bermuatan kayu tergelincir kedalam jurang beberapa waktu lalu hingga mengakibatkan badan jalan penghubung antara Pakkat -Onan Ganjang nyaris putus.

Kini, Himpunan Mahasiswa Pakkat atau yang biasa disebut Himapa, berinisiatif menyurati Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Surat tersebut diantarkan langsung oleh pengurus Himapa yakni Dewi Sitohang (FH Nommensen/Ketua HIMAPA), Roberto Simbolon (Unimed/Sekretaris), Petrus Purba (Unimed/Unsur Anggota).

Dalam surat yang bernomor : 12/B/BPH-HIMAPA/IX/2022 itu, Himapa mendesak Gubsu Edy agar cepat tanggap dalam menyikapi kondisi jalan penghubung yang dimaksud.

Adapun permintaan Himapa kepada Gubsu dan dinas terkait antara lain
1. Ruas jalan lintas Kecamatan Onan Ganjang – Kecamatan Pakkat merupakan penghubung antar Kabupaten, yakni Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Ruas jalan ini menjadi akses utama mobilitas pelaku ekonomi.

2. Di ruas jalan lintas Kecamatan Onan Ganjang – Kecamatan Pakkat ini terdapat beberapa titik rawan longsor dan sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu. Berikut titik-titik parah longsor di ruas jalan ini:
a. Desa Purba Baringin, Kecamatan Pakkat
b. Beberapa titik di Dusun Arbaan, Desa Aek Godang, Kecamatan Onan Ganjang

3. Kerusakan pada ruas jalan ini sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu dan sudah sangat mengkhwatirkan masyarakat dan pengguna jalan.

Sering sekali dipublikasi oleh masyarakat dengan harapan akan ada tindak lanjut dari pihak berwenang. Namun sampai dikeluarkanya surat ini ruas jalan tersebut belum juga mendapat perhatian dari dinas terkait.

Kepada wartawan media ini, Senior Himapa Bernata Manalu menyatakan, bahwa Himapa juga turut menyurati beberapa instansi dan DPRD Provinsi Sumatera Utara.

“Teman-teman Himapa juga telah menyampaikan surat tersebut ke Dinas Bina Marga, Dinas BPBD dan DPRD Provinsi Sumut di Komisi D”, ujarnya, Selasa (6/9/2022).

Bernata menyebut, kondisi jalan penghubung antara Onan Ganjang -Pakkat sudah tidak dapat dilalui kendaraan roda empat, sehingga jalur alternatif dialihkan melalui Parlilitan.

“Ini sekaligus himbauan kepada para pengendara yang hendak melintasi jalan penghubung Onan Ganjang -Pakkat agar mengalihkan rute perjalanannya melalui Parlilitan, dan semoga bapak Gubernur mendengar keluhan ini “, harapnya.(Red)

 

 

1 thought on “Berharap Gubsu Cepat Tanggap Dan Sikapi Kondisi Jalan Penghubung Pakkat -Onan Ganjang Yang Nyaris Putus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *