“Bakara Nauli” Sebutan Banyak Masyarakat Namun Perawatan Insfratrukturnya Tidak Sesuai.

Humbang Hasundutan

“Bakara Nauli” Sebutan Banyak Masyarakat Namun Perawatan Insfratrukturnya Tidak Sesuai.

Tobaforindo || Bakara nama sebutan untuk Kec. Baktiraja, dimana letaknya dibawah bukit Dolok Sanggul Kab.Humbang Hasundutan, Bakara salah satu objek wisata yang menjadi andalan di Kab. Humbang Hasundutan, yang penuh dengan sejarah peradaban bangso batak dan lahirnya marga-marga besar yang mendiami pinggiran danau Toba.

Bakara sebagai objek wisata andalan Kab. Humbahas harusnya jadi prioritas pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan infrastruktur Jalan, kamar mandi umum, lampu penerangan dan penataan pinggiran Danau Toba secara bertahap dan berkesinambungan.

Bagaimana pemerintah kabupaten menarik minat wisatawan ke Baktiraja kalau insfratruktur yang kecil saja tidak bisa dibenahi, Sangat miris memang ketertinggalan Kec. Baktiraja dengan Kabupaten tetangga yang ada di kawasan Danau Toba.

Bila di bandingkan dengan wilayah Danau Toba di kabupaten tetangga sangat jauh ketinggalan dari Bakara, padahal luas keseluruhan Kec.Baktiraja hanya sedikit dari keseluruhan wilayah pinggiran danau Toba.

Salah satu infrastruktur yang sangat memperihatinkan yakni kamar mandi umum yang berada di Tanah lapang Wilayah Mes Pemkab atau dekat SMP N1 dan puskesmas Baktiraja. Dari sebagian kamar mandi umum sudah rusak parah, padahal hampir 80% baru di bangun dan yang paling miris tidak ada air di kamar mandi padahal kita tahu Kec. Baktiraja berlimpah air.

Banyak pertanyaan dari masyarakat, “siapakah yg bertanggung jawab di bidang perawatan? Kenapa pemerintah kabupaten Humbahas tutup mata Tentang masalah ini?
Bagaimana caranya Kec. Baktiraja untuk menarik minat wisatawan ke Bakara kalau kamar mandi saja tidak bisa di urus?”

Sangat miris memang padahal Bapak Presiden Jokowi memberikan dana yang cukup besar untuk pembangunan dan perawatan kawasan Danau Toba biar bisa bersaing dengan wilayah wisata di Indonesia.

READ  POLRES HUMBAHAS LAKSAKANAN GELAR PASUKAN OPS PATUH TOBA - 2022

Semoga pemerintah kabupaten Humbahas dengan membaca tulisan ini bisa dengan cepat berbenah dan mengarahkan Dinas Pariwisata dan pihak pemerintah Kecamatan Baktiraja untuk lebih giat mengelola wisata di wilayah Kec.Baktiraja, pada hari Selasa, 14 Juni 2022 saat tim menyambangi lapangan, hingga berita ini terbit belum dilakukan konfirmasi pada pihak terkait. (Marison Simamora)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *